Inilah Khasiat Pohon Sagu yang Wajib Diketahui

 

Deskripsi

Anda tentu sudah tidak asing mendengar nama pohon sagu bukan? Akan tetapi, apakah Anda sudah mengetahui khasiatnya? Jika belum simaklah ulasan berikut ini secara seksama.

Artikel

Pohon sagu atau sering juga disebut dengan pohon rumbia sangat mudah dijumpai di Indonesia khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Hal tersebut menjadikan sagu menjadi makanan pokok diwilayah Indonesia timur. Perlu untuk Anda ketahui jika setiap bagian dari pohon tersebut dapat dimanfaatkan dan tentunya juga berkhasiat. Mulai dari bagian daun, kulit, batang, buah hingga aneka olahannya. Penasaran apa saja khasiat dan manfaat? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Khasiat dan Manfaat Pohon Sagu

Banyak orang yang suka untuk mengkonsumsi sagu, akan tetapi tidak semua orang tahu khasiat yang bisa diperoleh. Apakah Anda salah satu yang tidak mengetahuinya? Jika demikian, tidak perlu khawatir karena berikut ulasan khasiat dan manfaat pohon sagu berserta olahannya yang wajib diketahui.

  1. Daun Pohon Sagu

Salah satu bagian dari pohon sagu yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah daun pohon. Baik daun pohon yang tua ataupun muda keduanya sama-sama dapat dimanfaatkan. Daun yang tua sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan atap untuk rumah dan untuk pembuatanan tikar atau keranjang anyaman. Sedangkan untuk daun pohon yang muda umumnya digunakan untuk puntung rokok.

  1. Batang Pohon Sagu

Selain bagian daun, bagian lain dari pohon sagu yang juga biasa dimanfaatkan oleh masyarakat adalah bagian batang pohon. Bagian batang pohon ini sering digunakan untuk bahan kayu bakar. Sedangkan bagian teras batang akan diolah untuk diambil patinya dan dijadikan tepung.

  1. Olahan dari Pohon Sagu

Bentuk olahan utama dari pohon sagu adalah tepung sagu. Tepung sagu ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Beberapa khasiat dari tepung sagu yakni baik untuk diet penderita diabetes karena peningkatan indeks gula lebih rendah, dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang karena sagu mengandung fosfor yang cukup banyak dan dapat pula meredakan penyakit pencernaan.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat dan khasiat pohon sagu. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda. Selamat menikmati setiap manfaat dan khasiat dari setiap bagian pohon sagu.